[WHICH] iPad Air vs iPad Mini Retina

Selamat malam!

iPad Air – iPad 2 – iPad Mini Retina – iPad Mini

Sekarang gw coba membandingkan iPad Air dan iPad Mini Retina, Dua duanya emang belum dijual resmi di Indonesia, iPad Air baru mulai dijual 1 November kemaren di beberapa negara, termasuk Singapore, sementara iPad Mini Retina baru dijual akhir November ini. Langsung aja.

Dari segi tampilan, yang paling terasa beda memang layar kedua iPad ini, layar iPad Air yang berukuran 9,7″ lebih besar sedikit dari iPad Mini Retina yang besarnya 7,9″. Meskipun begitu, keduanya sama sama sudah beresolusi tinggi, Retina Display. Resolusi layar keduanya pun sama, 2048x1536p, namun karena layarnya lebih kecil, kerapatan iPad Mini Retina lebih besar yaitu 326ppi dibanding iPad Air 264ppi. Sebenarnya, secara kasat mata, perbedaan ini ga akan terlalu berasa kecuali orang yang mempunyai penglihatan sempurna.

Dari segi spesifikasi, baru pertama ini Apple dengan baik hati tidak membedakan spek antara iPad Air dan iPad Mini Retina, bahkan dengan iPhone 5S. Sama sama ditenagai dengan proseor terbaru Apple A7 dengan tambahan co-motion prosesor M7. Ini keren, artinya iPad Mini sekalipun mempunyai kekuatan yang sama dengan kakak kakaknya, iPad Air dan iPhone 5S. A7 mempunyai 2 inti prosesor dan 4 inti GPU. Di iPad Air, kecepatan prosesor A7 naik 0,1GHz menjadi 1,4 GHz dibanding dengan iPhone 5S 1,3GHz, sementara iPad Mini Retina karena belum keluar jadi belum tau clocknya berapa GHz, Kenaikan ini sepertinya untuk mengakomodasi layar iPad Air yang lebih besar, tenaga yang digunakan untuk menghasilkan gambar juga sedikit lebih tinggi dibanding layar yang lebih kecil.

RAM nya pun sama, iPhone 5S dan iPad Air mempunyai RAM 1GB. iPad Mini Retina kemungkinan mempunya RAM yang sama. Kapasitas penyimpanan juga sama, dimulai dengan 16GB sampai dengan 128GB, kedua model, iPad Air dan iPad Mini Retina mempunyai kapasitas penyimpanan yang sama. Kamera yang digunakan pun sama, 5MP untuk kamera belakang dan 1,2MP untuk kamera depan.

Berat iPad Air telah dipangkas hingga 20% dibandingkan iPad generasi sebelumnya, kali ini hanya sekitar 478gr, berkurang lebih dari 100gr. Sementara iPad Mini Retina beratnya bertambah 20gr, mungkin ini karena layar Retina Displaynya. Dari segi berat ini, jelas Ipad Mini Retina yang menang, untuk dibawa bawa pun lebih mudah dan lebih ringan. Sementara iPad Air, meskipun beratnya sudah berkurang jauh, tapi untuk penggunaan sehari hari mungkin agak lebih sulit dibandinkan dengan iPad Mini Retina. Selain itu, iPad Air masih perlu dipegang dengan dua tangan karena layarnya yang lebih besar.

iPad Mini Retina harganya memang lebih mahal daripada iPad Mini sebelumnya, namun tetap saja lebih murah $100 dibandingkan iPad Air. Hal ini sangat terasa apabila kita menginginkan kapasitas yang lebih besar. Memang, dengan harga $100 lebih mahal, kita mendapatkan layar yang lebih besar, tapi dari segi kinerja, keduanya sama. Daya tahan batere pun lebih bagus iPad Air, karena menggunakan baterei dengan kapasitas yang lebih besar. Dari test sendiri, iPad Air mampu digunakan selama 12 jam, padahal kapasitasnya turun dibandingkan iPad sebelumnya. Ini membuktikan bahwa prosesor A7 mampu bekerja lebih baik dan efisien. Sementara iPad Mini Retina kemungkinan juga akan menembus angka 10 jam pemakaian.

Jadi pilih mana?
Balik lagi ke kebutuhan masing masing. Kalo menginginkan layar yang besar dan batere lebih tahan lama, pilihannya jelas iPad Air. Selain itu, untuk dipakai kerja, misalnya mengetik, iPad Air akan lebih nyaman karena ruang untuk keyboard virtualnya akan lebih lapang dibandingkan dengan iPad Mini Retina. Desain iPad Air pun sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, jauh lebuh tipis, desainnya sama dengan iPad Mini Retina. Jadi, apabila membutuhkan layar lebih besar dan berat bukanlah sebuah masalah, go for iPad Air.

iPad Mini Retina cocok digunakan untuk orang yang suka bepergian, banyak dijalan dan tidak mau menambah beban di tasnya. Meskipun layar lebih kecil, namun untuk sekedar membaca majalah ataupun browsing web, layar iPad Mini Retina sudah cukup. Lebih nyaman digunakan juga karena lebih ringan sehingga kita ga akan cepat lelah ketika menggunakan.

Kalo gw sendiri, kemungkinan akan memilih iPad Mini Retina, karena menurut gw ukuran layarnya cukup, kebutuhan gw pun hanya untuk baca majalah dan browsing web, ga main game terlalu banyak. Karena layarnya udah Retina, ini yang paling gw tunggu dari iPad Mini, karena sebelumnya iPad generasi ketiga gw juga udah pake Retina, jadi udah terbiasa dengan ketajaman layar ini. Kapastasnya mungkin cukup 32GB, karena gw emang ga akan nyimpen film disini, paling lagu lagu, video klip dan majalah serta buku. Pengalaman gw sih sekarang dengan kapasitas segitu udah mencukupi kebutuhan yang ada.

Nah sekarang tinggal tunggu tangggal keluarnya.

Best Regards,

Topiq

Advertisements

Published by

topiqfurqan

an ordinary little boy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s